Total Pageviews

Penganut

It's The Official Indonesian Blogger

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources

Fase Bulan Terkini

CURRENT MOON

GeoCounter


free counters

Visitor's Track

There was an error in this gadget

KOMPAS.com

Powered by Blogger.

Pesan Moral Film Kung Fu Panda 2

Po, sang Pendekar Naga kembali harus melawan penjahat seekor burung merak  yang bernama Shen. Shen datang ke kota Gongmen dengan membawa pasukan dan senjata ciptaannya. Kedatangannya bermaksud untuk membalas dendam atas orang tua nya dan ingin mengambil alih kota yang dulu dikuasai oleh ayahnya.  Namun Shen juga membawakan kenangan buruk bagi Po, yang karenanya Po sulit untuk berkonsentrasi mengalahkan Shen dan senjata ciptaannya.

Dalam film Kung Fu Panda 2 ini, seperti biasanya, menghadirkan cerita yang lucu namun sarat dengan pesan moral yang membangun jiwa. Berikut saya posting beberapa pesan moral yang sekiranya pantas untuk dipahami.



1.       “Oh, Po. Ceritamu mungkin tidak bahagia awalnya.. Tapi lihatlah sekarang! Kau punya aku. kau punya Kung-Fu.”
-Mr. Ping, ayah angkat Po-
(Benar apa yang dikatakan Mr. Ping. Ada kehidupan seseorang yang pada awalnya dibuntuti dengan kesusahan dan kemalangan, namun Yakinlah bahwa kesuksesan itu diraih dari sebuah kegagalan. Salah satu ucapan terkenal Achmad Bakrie yang dikatakan kepada Aburizal Bakrie anaknya ketika mengetahui anaknya mengalami kerugian dalam usahanya adalah "Saya senang kamu gagal. Kau harus tahu arti kegagalan, agar nanti berhasil." http://id.wikipedia.org/wiki/Achmad_Bakrie)

2.       “Ingatlah, ksatria naga. Semuanya bisa saja terjadi jika kamu mempunyai kedamaian batin”
-Master Shifu-
(Kita harus punya ketenangan batin agar semua permasalahan dapat diselesaikan dengan tuntas dan anggun. Sulit sekali bahkan tidak mungkin jika seseorang hendak menyelesaikan satu masalah sedangkan dia sedang terikat dengan masalah lainnya. Tetaplah fokus pada tujuan akhir, dan kerjakanlah hal yang pertama kali wajib diselesaikan. Jangan lupa taat beribadah kepada Allah SWT, dirikan sholat, rajin mengaji, selalu ucapkan dzikir, dan awali kegiatan dengan membaca basmalah.)
               
3.       “Yang mati hanya ada di masa lalu. Dan aku harus berpaling ke masa depan.”
-Shen-
(Walaupun jahat, tetapi perkataan Shen ini ada baiknya juga. Kita tidak semestinya menyesali masa lalu karena hal itu sudah jauh berlalu dan tidak akan kembali lagi (masalah yang kadang dihadapi admin T_T). Kita harus selalu bermimpi melihat ke depan.  Percayalah yang kau impikan itu mampu kau wujudkan, karena hidupmu adalah pilihan.)

4.       “Ceritamu mungkin tidak bahagia di awalnya. Tapi itu tidak menentukan akan jadi siapa dirimu. Ini adalah kelanjutan ceritamu, pilihanmu untuk menjadi apa.”
-Kambing Peramal-
(Aaaahh J. Lagi lagi bertemu dengan pesan moral ini. Kita hari ini memang ditentukan oleh perilaku kita pada masa lalu. Tapi akan lebih indah lagi bahwa kita pada hari esok yang cerah adalah kita yang pada sekarang ikhlas dalam melakukan kebaikan bagi diri sendiri dan bagi orang lain.)

5.       Shen : “Bagaimana kau menemukan kedamaian batin? Aku membunuh orangtuamu, semuanya. Aku memberi luka pada hidupmu.”
Po : “Dengar, itulah masalahnya, Shen. Bekas luka disembuhkan.  Apa yang bekas luka lakukan?
Mereka memudar kurasa? Kau harus peduli Shen. Kau harus melepaskan bekas lukanya di masa lalu, karena itu tidak penting lagi. Satu-satunya hal yang penting adalah kau memilih menjadi apa sekarang.”
-Perdebatan Po dengan Shen, setelah Meriam hancur-
(Luka tetaplah luka, mereka bisa sembuh. Walaupun luka itu ada di dalam hati dan terus membekas, jangan jadikan itu luka. Jadikan ia sebagai suatu prasasti yang isinya sumpah anda bahwa anda akan selalu maju ke depan dengan berlandaskan prasasti itu (maksudnya pengalaman)

6.       “Saat aku pergi, aku menemukan desa kelahiranku. Aku akhirnya tahu kenapa bisa sampai di keranjang lobak. Aku tahu siapa diriku. Aku anakmu.”
-Po, saat bertemu kembali dengan Mr. Ping-
(Jujur, admin nyesek sedih pas liat dialog itu, hiks L (lebe dah). Siapapun anda saat ini, anda harus mengingat orang yang telah membesarkan dan mendidik anda, siapapun mereka, walaupun berbeda darah. Anak tidak selalu sedarah, anak adalah seseorang yang menurut kita punya ikatan batin dengan mereka seperti kita memiliki dan mengasuh mereka sejak awal.)


Adapun pesan moral yang terdapat di film ini namun tidak diucapkan dengan lisan, tetapi dengan perbuatan…

(ketika master Shifu melakukan meditasi ketenangan batin, lihatlah bagaimana dia membawakan setetes air dengan sentuhan sangat lembut kepada tanaman. Kita pun jika mempunyai ketenangan batin ketika fokus mengerjakan satu hal, pasti akan terasa sangat ringan sekali menyelesaikannya.)

(Begitu pun dengan Po ketika meditasi ketenangan batin tuk mengingat kembali kenangannya saat di buang di waktu kecil)


              (Tidak seperti adegan ini, ketika po mencoba meditasi ketenangan batin di atas sebuah perahu. Pasti akan sulit tuk mendapatkan ketengangan jika dilakukan di tempat yang tidak tepat. Begitupun ketika fokus melakukan sesuatu seperti belajar. Tentu akan sangat sulit sekali bila kita belajar di kantin kan..??)


(Jangan ingat masa lalu yang menyedihkan (Problem admin) (curhat lagi) (biarin aja deh). Ketika sang peramal mengingatkan kepada Po bahwa buang luka di masa lalu dan ingat bagaimana dia telah mencapai kemenangan yang telah dia peroleh. Po ditemukan oleh Mr. Ping lalu membesarkannya, bertemu dengan Master Shifu, lalu akhirnya menjadi Pendekar Naga. Sewaktu kecil memakai penggorengan di kepala, saat sukses juga pakai penggorengan di kepala.Segala sesuat pasti berhikmah.)


(Ketika Po melempar topi petani ke arah pasukan Shen. Namu dengan lunglai topi itu melayang dan jatuh. Maka dari itu persiapkanlah segalanya dengan matang tuk mencapai hasil akhir yang baik. Tidak mungkin kan kita besok mengikuti Ujian Sekolah namun sistem belajarnya tidak dipersiapkan dengan matang..??)


(Lihatlah betapa hebatnya pasukan Kung Fu ketika menyerang pasukan Shen. Pasukan ! . Semua masalah pasti akan ringan jika diselesaikan dengan bersama-sama orang lain, terutama pekerjaan yang membutuhkan orang banyak. Membersihkan selokan kampung, pasti akan lebih mudah dan cepat jika dikerjakan semua anggota masyarakatnya.)


(Seperti ketua serigala yang bingung tuk memutuskan menembak Pasukan Kung Fu tetapi anak buahnya juga pasti terkena. Kita harus  menentukan dan memutuskan suatu jalan solusi yang akan dipakai dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan atau permasalahan. Pikirkan untung rugi nya. Pasti ada yang harus dikorbankan untuk mencapai sebuah hasil. Beranilah ambil risiko demi jalan terbaik.)


(Sebelumnya Po mempraktekan ketenangan batinnya untuk mengingat kenangannya. Tapi ketika dia dihadapkan pada suatu bahaya, dia mencoba melakukan ketenangan batinnya untuk menghalau peluru meriam Shen. Dan itu berhasil !. janganlah takut untuk mencoba sesuatu yang telah kalian pelajari. Jika itu ditutupi rasa malu, apa yang telah anda pelajari pastinya sia-sia. Jika anda gagal, jangan berhenti tuk mencoba, karena terdapat berkah dan hikmah pada setiap cobaan. Jadi, jangan takut tuk mencoba! BERANILAH !)






Dan pesan moral yang terakhir dan yang paling menggugah adalah….
EVERYBODY IS KUNG FU FIGHTING…. YOUR MIND BECOMES FAST AS LIGHTNING….  ALTHOUGH THE FUTURE IS A LITTLE BIT FRIGHT'NING….  IT'S THE BOOK OF YOUR LIFE THAT YOU'RE WRITING”
“Semua orang bertarung Kung Fu…. Pikiranmu menjadi secepat kilat.… Meskipun masa depanmu sedikit mengkhawatirkan (tak pasti)….Itulah buku kehidupan yang engkau tulis sendiri”. 

Lirik di atas adalah tema lagu dari film Kung Fu Panda 1 dan 2.

‘Everybody is kung fu fighting’
Semua orang bertarung kung fu, maksudnya semua orang di dunia ini bertarung dan berusaha tuk mencapai apa yang kita impukan.

Your mind becomes fast as lightning’
Ketika kau berusaha dengan focus pada apa yang kau lakukan, jiwa kita sedang bekerja tuk menggerakan dirimu. Ketika kau mengalami sesuatu seperti kesulitan atau permasalahan, jiwa mu sedang bekerja seperti kilat untuk lebih cekatan lagi menggerakan dirimu dan memilih sesuatu.

‘although the future is a little bit fright'ning….  it's the book of your life that you're writing’
Walaupun seperti apapun pikiran atau bayangan kita tentang masa depan, pasti kita ada rasa khawatir dan bingung tentang akan menjadi apakah kita nanti. Apakah mimpi besar kita akan terwujud? Apapun hasilnya nanti, itu akan mejadi catatan hidup anda. Akan dikenang bahkan menjadi teladan bagi orang lain bila anda berhasil mencapai mimpi kesuksesan anda.

Hmm, such a great and inspirating movie :).

Category: 5 comments

5 comments:

Anonymous said...

jempol jempol jempoll... b^^d

konde said...

ko berasa Repost dari kaskus ya

Kamu Blogger...? Yuk Ikutan Event Untuk Blogger Berhadiah Blakberry Playbook Berakhir 23 Desember 2011

Prince Riez The Handsome Preet... said...

nggak mas..., ini beneran asli buatan pikiran saya... ada buktinya kok file word asli punya saya..... kalaupun repost bisa di check waktu saya buat dengan repost itu duluan siapa... :)

I2-Harmony said...

Lengkap satu film dan akurat. :)
Saya biasanya cuma mengupas satu moral jadi satu postingan. :D

Top markotop dah. :)

Prince Riez The Handsome Preet... said...

Thanks Gan :)

Post a Comment

BUDAYAKAN KOMENTAR YAA.... HEHEHE.... :D
We can check your plugins and stuff

Fase Bumi dan Bulan terkini

Manusia keren (ketek oren)

Manusia keren (ketek oren)
Panggil gue John. Atau kalo lu udah kepalang muntah, panggil gue fariz... And i'll be there....

Labels

Kebanyakan pengunjung melihat ...

Cuaca Hari Ini